Sabtu, 28 November 2009

Pandangan Pertama


ya inilah wajah darinya..

Dari om Wiki ( http://id.wikipedia.org/wiki/Brokoli )
Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.
Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

Informasi diatas bukan isi dari postingan ini. Karena sebenarnya blog ini tidak berisi tentang gizi atau sejarah sayur dan lainnya. Ini postingan tentang perjumpaan pertamaku dengan brokoli.


Dalam usia SD, aku duduk di meja makan, maksudnya duduk di kursi dengan tangan dan perhatianku di meja makan. Entah apa saja yang ada di meja makan, yang pasti ada nasi, aku orang timur, selain itu ada bintang tamu kali ini Mr Brokoli. Jujur, aku ga jatuh cinta sama kamu Mr Brokoli atau tepatnya Ms brokoli. Aku liat wajahmu menjijikan. Aku tahu aku suka warna hijau, tapi sayang bukan kamu. Mamaku mengambilmu dan meletakkanmu didepanku. Tentunya dipiringku. Dan sayangnya lagi aku menganaktirikan mu.. kau kusingkirkan disudut piringku, walau piringku berbentuk lingkaran. Aku tinggalkan km disana dan...
"knp ga dimakan??""Itu baek, tak tambahi skalian.." Kata papaku..
ya walaupun tak cinta, kata orang tua mutlak..
akupun menerimamu dan membiarkanmu masuk ke lubuk perutku..
Dan entah kenapa saat ini aku selalu mencarimu diantara sayur2..
dan aku bilang" aku mencintaimu sekarang."
maafkan aku brokoli, untuk pandangan pertamaku...
makasih bwt papa yang memaksaku makan brokoli..
sayur bergizi yang bermanfaat bagi tubuhku..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ebed,e e bed, plis deh,jgn kbnykan link.. kasian yg koneksinya lambat..
(touch facebook tuh ga penting n boros bandwidth)

emang susah apa ya posting komen nya?

Ebed mengatakan...

ok bos..
saya perbaiki..
haha

Posting Komentar